Berita
Jalan KH. Ahmad Dahlan Nomor 39 Semarang
(024) 8413482

Pada hari kamis 2 Mei 2024 diadakan penyuluhan kesehatan tentang apa itu biduran (urtikaria) atau penyakit kulit yang biasanya diderita oleh sebagian orang. Materi penyuluhan ini ditunjukan kepada pasien yang berada diruang tunggu pasien Lantai 1 pendaftaran oleh pemateri Windy Saputri Ariyanti, S. Kep, Ns sebagai perawat di BKIM Provinsi Jawa Tengah.

  • Apa itu Biduran (urtikaria) ?

Biduran adalah ruam kulit yang umumnya dipicu oleh banyak hal dan menimbulkan gejala berupa bekas gatal, menonjol, berwarna merah atau berwarna sewarna kulit yang terjadi pada permukaan kulit.

  • Bagaimana penyebabnya ?
  1. Alergi = makanan, obat maupun cuaca.
  2. Infeksi = gigi yang berlubang, telinga berdenging/gembrebeg atau telinga keluar cairan.
  3. Cacingan

  • Bagaimana mengatasi biduran (urtikaria)
  1. Biasanya biduran bisa hilang sendiri dalam jangka waktu 24 jam.
  2. Pada umumnya biduran tidak berbahaya, akan tetapi patut diwaspadai apabila gejala biduran terjadi di dalam tubuh, misalnya biduran pada saluran pernafasan bisa mengakibatkan penderita susah bernafas. Bila terjadi hal seperti ini, maka penderita biduran harus segera dibawa ke IGD untuk mendapatkan penanganan lanjutan.
  3. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan dirumah untuk mengatasi biduran adalah dengan memakai bedak tabur/bedak cair yang dioleskan di area biduran. Pertolongan lainnya adalah dengan menggunakan kompres dingin pada area biduran, tapi hal ini tidak bisa dilakukan pada penderita biduran yang disebabkan oleh karena alergi terhadap cuaca dingin.
  4. Apabila pertolongan pertama sudah dilakukan namun biduran belum mengalami perbaikan, maka harus segera diperiksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin.